Peluang Usaha Wirausaha Makanan

Peluang Usaha Wirausaha MakananBisnis kuliner memberikan harapan baru bagi beberapa orang. Terutama mereka yang ingin sukses secara mandiri, tidak mengandalkan gaji dari bos atau perusahaan. Menjalankan bisnis kuliner dirasa sangat mudah karena ada banyak pilihan, mau bisnis camilan atau makanan berat semuanya bisa. 

Banyak orang yang sukses lewat bisnis kuliner yang mendorong pengusaha lain untuk melakukan bisnis serupa. Walau untuk menjadi sukses tetap dibutuhkan konsistensi tinggi dan ketekunan. 

Karakteristik Peluang Usaha Wirausaha Makanan 

Selain mengandalkan modal dan keterampilan menghandle bisnis. Seorang pelaku bisnis kuliner juga harus meningkatkan lima karakteristik bisnis berikut ini:

  • Ide dan Modal

Bisnis kuliner harus memiliki konsep yang unik dan fresh yang munculnya dari buah pikiran atau ide. Bisnis yang standar bahkan terkesan biasa, tidak bisa menarik perhatian konsumen dengan mudah. Butuh waktu yang panjang agar bisnis kuliner dengan ide yang standar untuk berkembang.

Peluang Usaha Wirausaha Makanan

Sebelum memulai pembangunan restoran, kedai makanan atau café pastikan ide konsep bisnis sudah diperoleh. Ketika ide dan konsep bisnis sudah yakin 100%, hal berikutnya yang patut diperhatikan adalah modal. 

Modal yang dibutuhkan bukan sekedar model pembangunan bisnis atau sewa tempat saja. Termasuk modal untuk membeli peralatan dapur, perlengkapan restoran, gaji pegawai, membeli bahan baku danmodal lainnya. 

  • Rasa Masakan

Suatu ide peluang usaha wirausaha makanan bisa disebut sukses bila mampu menciptakan rasa yang baru. Rasa yang bagi konsumen belum pernah mereka temukan di tempat lain.Karena keunikan rasa tersebut bisa menjadi jembatan kesuksesan dari bisnis kuliner yang Anda bangun. 

Guna menemukan rasa unik, lezat dan fresh suatu pengusaha harus melakukan survey pasar. Misalnya jika berencana untuk membangun bisnis dessert, kunjungi berbagai café dan toko kue untuk membandingkan rasa kue. 

Proses ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi bisa membantu mengembangkan dan mempertahankan bisnis kuliner Anda hingga puluhan tahun mendatang. 

  • Layanan dan Fasilitas

Bisnis kuliner orientasinya adalah fasilitas dan pelayanan. Restoran memfasilitasi konsumen untuk makan atau membeli makanan, sementara pelayan dan staf dapur bekerja untuk menyediakan dan mengantarkan makanan. 

Bila keduanya tidak bisa dijalankan dengan baik, maka bisnis tidak bisa tumbuh dengan baik. Konsumen awalnya mungkin merasa tertarik untuk makan di tempat Anda, tapi rasa penasaran mereka terbayarkan setelah datang sekali ke sana.

Mengapa demikian? karena pelayanan dan fasilitas yang diberikan kurang memuaskan. Mereka merasa tidak nyaman bahkan enggan untuk datang kedua kalinya. 

  • Lokasi Restoran Atau Café

Mencurahkan perhatian pada bisnis kuliner merupakan hal yang bagus, tapi mengapa bisnis tetap jalan di tempat? Bisa jadi karena lokasi restoran atau café yang Anda pilih kurang tepat. 

Coba pikirkan secara logika ketika Anda menjual makanan di tempat yang jauh dari keramaian bahkan sulit untuk dijangkau dengan kendaraan umum. Orang mungkin tertarik untuk berkunjung namun langsung mengurungkan niat setelah menyadari jauhnya lokasi restoran. 

Agar potensi peluang usaha wirausaha makanan tidak redup, pilih lokasi usaha yang tepat. Jika memungkinkan, buka restoran atau café di pusat kota. Karena pusat kota merupakan sentral keramaian di mana banyak orang yang datang dan pergi kapan saja. 

  • Harga

Konsumen saat ini sudah cerdas, mereka bisa memperkirakan harga makanan dengan mudah. Sebagai pengusaha kuliner baru, Anda harus menyadari hal tersebut. Jangan sampai menawarkan jus buah yang biasanya dijual mulai dari Rp. 7-10 ribu dengan harga Rp. 50 ribu. 

Harga tersebut mungkin masuk akal, bila jus buah yang Anda tawarkan sangat unik atau satu paket dengan camilan lainnya. Intinya, mematok harga harus dilakukan secerdas mungkin. Tidak boleh terlalu mahal tapi masih tetap menguntungkan.

Mengapa Bisnis Kuliner Dilirik Banyak Orang?

Tak ada asap bila tak ada api, bisnis kuliner tidak akan banyak dilirik bila tidak menguntungkan. Berikut ini alasan yang melatarbelakangi beberapa orang membangun bisnis kuliner:

  • Menawarkan Produk Beragam

Tingginya peluang usaha wirausaha makanan 2019 karena bisnis ini menawarkan produk beragam. Mau jual makanan saja atau minuman, keduanya disebut sebagai bisnis kuliner. 

Mau menawarkan jus atau seblak, silahkan saja. Asalkan makanan yang dijual memiliki kualitas tidak akan sulit untuk mendapatkan konsumen dan pelanggan. 

  • Mudah Improvisasi

Banyak sekali pengusaha yang berhasil melakukan improvisasi terhadap makanan atau minuman jualannya. Contoh terpopuler adalah seblak, jika sebelumnya seblak dibuat dari kerupuk maka kini ada banyak variasi seblak yang bisa ditemukan.

Contoh kedua adalah salad, dahulu salad yang dikenal di Indonesia adalah salad sayuran tapi kini banyak orang yang mulai menjual salad buah. Salad buah merupakan improvisasi yang sangat menguntungkan karena hampir semua orang suka buah-buahan. 

  • Tujuan Wisata

Dahulu taman rekreasi atau waterpark menjadi tempat tujuan wisata utama. Tapi kini, banyak orang dewasa atau remaja yang lebih suka pergi ke café atau restoran untuk wisata kuliner. 

Alasan inilah yang membuat beberapa orang tidak ragu untuk menjalankan bisnis kuliner. Faktanya prospek bisnis kuliner tetap akan bagus hingga bertahun-tahun kemudian, apalagi jika Anda bisa konsisten dengan rasa.  

  • Keuntungan Melimpah

Terkadang hanya dengan modal yang sedikit, seorang pelaku bisnis kuliner bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak. Sebut saja pengusaha jus buah atau pisang nugget. Modal untuk membuat kedua makanan tersebut sangat ringan tapi keuntungan yang bisa diperoleh ketika berhasil menjual 100 porsi akan sangat banyak. 

  • Lokasi Tak Terbatas

Saat cabang kuliner pertama sukses, Anda bisa membuka cabang kedua di tempat yang berbeda. Inilah keuntungan utama mengembangkan bisnis kuliner, Anda bisa membuka cabang di mana-mana dengan menggunakan satu brand saja. 

Peluang usaha wirausaha makanan menjanjikan ini banyak disadari oleh pengusaha sukses. Tidak heran jika pendapatan per bulan yang mereka peroleh jauh lebih besar karena dari satu cabang saja penghasilannya sudah besar.

Itulah beberapa hal yang wajib dipelajari dan diperhatikan oleh pebisnis kuliner pemula. Dengan menerapkan poin-poin di atas akan membantu mengembangkan bisnis kuliner dengan mudah dan baik. Sehingga bisnis yang diawali dengan tetesan keringat dan lelah bisa terbayar dengan senyum bahagia. 

Investasi Wirausaha Makanan yang Aman

Jika Anda memang tertarik untuk melakukan investasi dalam wirausaha makanan namun tidak ingin mengambil resiko yang terlalu besar, maka bergabunglah dalam Foodin.id. Semua wirausaha makanan yang ada sudah diseleksi secara ketat sehingga meminimalkan resiko bagi Anda yang ingin berinvestasi. Selain itu ada berbagai pilihan wirausaha makanan yang dapat dipilih sehingga Anda memiliki peluang usaha yang cukup luas. Anda pun dapat melebarkan sayap usaha Anda lebih lagi dengan adanya berbagai pilihan yang tersedia. Segeralah berintestasi dalam peluang usaha wirausaha makanan yang akan memberikan keuntungan dan tentunya penghasilan lebih dengan resiko yang minimal.

Reply