Tips Mengembangkan Peluang Usaha Makanan Vegetarian

Peluang Usaha Makanan VegetarianHidup sehat bisa dimulai kapan saja dengan menggunakan teknik apa saja. Salah satu teknik terbaik yang patut dicoba adalah menjadi seorang vegetarian. Seorang vegetarian memiliki berbagai pantangan makanan terutama yang berhubungan dengan daging. Mereka tidak bisa makan daging merah seperti orang pada umumnya.

Bahkan untuk bisa menikmati steak saja, para vegan memilih untuk makan steak tempe. Kondisi ini lantas dilirik beberapa pengusaha kuliner untuk menciptakan restoran atau café khusus makanan vegetarian. Makanan yang ditawarkan semuanya benar-benar khusus untuk vegan. 

Lantas, bagaimana cara mengembangkan bisnis kuliner vegetarian agar diterima masyarakat dan menjadi sukses? Coba ikuti tips berikut ini.

Peluang Usaha Makanan Vegetarian

Tips Mengembangkan Peluang Usaha Makanan Vegetarian Agar Sukses

  • Pemilik Adalah Seorang Vegan

Menjalankan bisnis kuliner vegetarian bukan hal yang mudah, akan semakin sulit bila orang yang menjalankannya sendiri bukan seorang vegan. Agar bisnis ini bisa dijalankan dengan baik dan lancar, sudah semestinya jika pemilik bisnis adalah seorang vegan.

Bagaimana, Anda menemukan resep baru dan unik jika Anda bukan seorang vegan sejati. Mungkin bisa menyewa koki, tapi akan lebih mudah bila mulai dari pendiri hingga staf yang bekerja semuanya vegan. 

  • Memahami Jalur Distribusi Bahan Baku

Sebenarnya membangun bisnis kuliner vegetarian tidak beda jauh dengan bisnis kuliner lainnya sama-sama membutuhkan supplier bahan baku. Agar bisnis bisa berkembang tanpa masalah, pilih supplier yang terpercaya. 

Anda harus memahami bagaimana jalur distribusi dari bahan baku yang Anda butuhkan. Jangan sampai, ada satu bahan yang tidak bisa ditemukan atau habis di supplier dan baru Anda ketahui di detik-detik terakhir. Karena konsistensi berdagang bisa dilihat dari buka atau tutupnya restoran. Bila restoran lebih sering tutup, maka konsumen akan merasa kecewa. Tidak menutup kemungkinan mereka akan memilih untuk mencari restoran lain yang lebih konsisten. 

  • Marketing

Ide peluang usaha makanan vegetarian di Indonesia sebenarnya sangat bagus. Karena konsep ini masih jarang diaplikasikan oleh banyak pengusaha kuliner. Sayangnya, bisnis yang jarang bukan berarti mudah untuk di pasarkan bahkan cenderung lebih sulit.

Lakukan kegiatan marketing secara langsung maupun online. Jika dibutuhkan Anda bisa menyewa jasa influencer untuk mempromosikan bisnis Anda ke masyarakat. Semakin sering melakukan promosi maka akan semakin bagus, artinya akan makin banyak orang yang mengenal dan mengetahui bisnis yang Anda jalankan. 

Bila modal untuk marketing sangat minim, mungkin Anda bisa mengandalkan sosial media saja. Gunakan Facebook, Twitter atau Instagram untuk mempromosikan bisnis Anda. Upload foto makanan yang Anda jual, agar lebih menarik usahakan untuk pilih foto terbaik dan tercantik. 

  • Riset Produk

Melakukan bisnis vegetarian tanpa melakukan riset produk akan memberikan hasil yang kurang memuaskan. Karena tidak menutup kemungkinan bisnis bisa bangkrut karena salah mengambil strategi.

Riset produk sesungguhnya sama dengan survei pasar. Dengan melakukan tips peluang usaha makanan vegetarian ini, Anda bisa mengetahui berapa persen orang yang menjadi vegan. Anda juga bisa mengetahui jenis makanan seperti apa yang mereka sukai dan favoritkan. Dengan demikian, bisnis bisa diterima dengan lebih cepat. Bila Anda bisa mempertahankan rasa makanan dengan baik, maka konsumen akan menjadi pelanggan tetap. 

  • Mencari Beragam Informasi Mengenai Vegetarian

Bagi seorang vegan, mencari informasi tentang dunia vegetarian bukan hal yang baru. Tapi, karena menjadi seorang vegan dengan menjadi seorang pebisnis kuliner vegetarian adalah dua hal yang berbeda. Anda tetap membutuhkan banyak informasi untuk bisa terjun di bidang ini.

Cari informasi dari berbagai sumber, jangan hanya dari buku bacaan saja. Temukan informasi dari internet dan akan lebih baik lagi bila bisa menemukan pelaku bisnis yang mendalami kuliner vegetarian. Karena, Anda bisa belajar banyak dari mereka. 

  • Mencari Mentor

Mentor ini dibutuhkan untuk membantu memanajemen bisnis kuliner Anda. Sebagai seorang vegan yang tidak kuliah di bidang ekonomi, manajemen atau bisnis menjalankan bisnis kuliner merupakan hal yang baru.

Ada baiknya jika Anda mempekerjakan seseorang untuk menjadi mentor. Temukan mentor yang terpercaya yang juga bisa membaca peluang usaha makanan vegetarian vegan seperti Anda. 

Jangan sampai, konsep atau ide yang sedang Anda kembangkan tidak sesuai dengan visi sang mentor. Karena bisnis tidak akan pernah bisa berkembang bila ide antara kalian tidak sama dan seimbang. 

  • Pilih Lokasi Terbaik

Setelah selesai mempelajari tentang vegetarian termasuk mendapatkan satu atau beberapa mentor yang profesional. Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menemukan lokasi. 

Pilih tempat yang strategis, yang tidak hanya dikunjungi oleh anak kecil saja tapi juga dikunjungi oleh semua golongan usia. Akan lebih baik bila Anda mendirikan usaha di pusat kota. Sehingga setiap orang yang lewat, bisa segera menyadari bisnis yang coba Anda kembangkan tersebut.

Tidak ada salahnya menantang diri dengan membuka bisnis kuliner vegetarian beberapa blok dengan bisnis yang sama. 

  • Ikut Workshop

Mengapa harus mengikuti workshop? Karena workshop baik sekali untuk meningkatkan pengetahuan Anda di bidang kuliner termasuk kuliner vegetarian. Peluang usaha makanan vegetarian 2019 memang sudah bagus, tapi tidak bisa berkembang bila Anda tidak mengetahui bagaimana cara mengembangkannya.

Oleh karena itu, kunjungi berbagai workshop untuk menggali lebih banyak ilmu. Karena ini merupakan tempat terbaik untuk menemukan banyak teman sesama pebisnis kuliner, bahkan jika Anda beruntung Anda bisa menemukan supplier dan distributor yang terpercaya. 

  • Aplikasikan Sistem Pre Order

Beberapa restoran vegetarian melakukan trik yang sangat cerdas untuk menghindari bisnis dari kerugian yakni dengan membuka sistem pre-order. Jadi, sebelum ada konsumen yang memesan mereka tidak akan memasak atau menyediakan makanan. Jika Anda merasa cara ini patut untuk dicoba, silahkan mencobanya. 

  • Ciri Khas

Dan tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah menemukan ciri khas. Selain membuat desain interior yang unik sebagai ciri khas restoran, Anda juga harus memikirkan menu makanan vegetariannya.

Jangan sampai makanan vegetarian yang Anda jual di bawah standar, tidak ada keunikan atau hal yang baru. Karena jika hanya membuat salad sayuran saja, semua vegan pun bisa melakukannya di rumah. Usahakan untuk membuat hidangan vegetarian yang unik yang belum pernah ada dan ditemukan di restoran vegetarian mana pun.

Itulah beberapa macam tips agar peluang usaha makanan vegetarian Anda bisa laris dan sukses. Bagi Anda yang tertarik menjalankan peluang ini, namun tak ada waktu dan tenaga. Maka bisa jadi investor dengan cara beli saham kuliner. Tidak hanya jenis usaha makanan vegetarian. Di Foodin.id, terdapat banyak peluang usaha menjanjikan dan prospektif.

Buat Anda yang tertarik tanam modal sebagai investor, dapat bergabung di sini. Investor berhak mendapatkan passive income dalam bentuk bagi hasil. Sedangkan pebisnis bisa memperoleh modal untuk mengembangkan usaha mereka. Menarik, bukan?

Reply