Peluang Usaha Makanan Nasi Goreng

Peluang Usaha Makanan Nasi GorengUsaha nasi goreng cocok dijalankan bagi seseorang yang menyukai kegiatan memasak. Bisnis kuliner ini cukup menguntungkan apalagi jika dibuat beberapa variasi dari nasi goreng tersebut. 

Poin Penting Bagi Untuk Peluang Usaha Makanan Nasi Goreng

Sebelum memulai usaha nasi goreng ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis yang akan membantu dalam memulai bisnis ini, berikut penjelasannya:

  • Survei peluang 

Sebelum memulai bisnis usaha makanan nasi goreng akan lebih baik jika diketahui beberapa info terlebih dahulu mengenai peluang bisnis nasi goreng. Apakah prospeknya bagus atau tidak. Usaha olahan nasi memang mudah ditemukan di pinggir jalan sehingga cukup sebagai bukti bahwa bisnis nasi goreng ini adalah usaha yang menguntungkan. Berapa modal yang dibutuhkan, nantinya konsumennya ramai dan berbagai hal lain hingga keuntungan yang akan didapatkan. 

  • Faktor kesuksesan

Kunci suksesnya usaha yang dilakukan dipengaruhi oleh faktor kualitas rasa nasi goreng yang dihasilkan, cepat atau tidaknya penyajian dan tempat atau lokasi jualan makanan tersebut, konsumen bisa nongkrong atau tidak di tempat tersebut. 

Peluang Usaha Makanan Nasi Goreng

  • Modal yang dibutuhkan

Berikut adalah perkiraan jumlah modal yang dibutuhkan untuk peluang usaha makanan nasi goreng murah yang menggunakan gerobak atau warung bongkar pasang:

  • Gerobak dan tempat duduk seharga Rp 1.000.000
  • Kompor gas dan tabungnya seharga Rp 300.000
  • Perlengkapan makan seharga Rp 200.000
  • Perlengkapan memasak seharga Rp 300.000

Sehingga total modal yang diperlukan sebanyak Rp 1.800.000

Setelah mengetahui modalnya, berikutnya perkiraan penghasilannya.

  • Makan  di tempat : 20 x 12.000 = Rp 240.000
  • Untuk nasi goreng bungkus : 10 x 10.000 = Rp 100.000

Sehingga totalnya seharga Rp. 340.000.

Untuk biaya bahan yang diperlukan:

  • Beras (30 porsi) seharga Rp 50.000
  • Bumbu sekaligus rempah-rempah seharga Rp 20.000
  • Lauk sekitar Rp 100.000
  • Minyak goreng dan lainnya seharga Rp 30.000
  • Sehingga totalnya seharga Rp 200.000

Jika hasil penjualannya sesuai dengan yang sudah dihitungkan maka keuntungan yang bisa didapatkan sebanyak Rp 140.000 per hari. 

  • Cara memasak

Untuk memasak nasi goreng dan menghasilkan rasa yang super lezat tidak bisa dilakukan asal-asalan, apalagi bagi yang tidak pernah memasak nasi goreng sebelumnya. Selain itu, juga perlu diketahui varian rasa yang disukai konsumen, bagaimana peluangnya dengan hasil nasi goreng yang dibuat. Bahan yang digunakan harus yang benar-benar baik untuk hasil yang baik dan akan lebih baik lagi jika selalu digunakan bahan yang masih fresh.

Selalu kembangkan dan terus perbaiki cara memasak hingga benar-benar menghasilkan nasi goreng kualitas yang baik. Gunakan berbagai ide sekreatif mungkin agar nasi yang dijual memiliki ciri khas dan berbeda dari nasi goreng yang dijual di tempat lain. Untuk contoh peluang usaha makanan nasi goreng sangat banyak di antaranya ada nasi goreng telur, nasi goreng ayam dan nasi goreng spesial. 

  • Bahan baku 

Bahan baku yang digunakan akan mempengaruhi kualitas makanan yang dihasilkan serta berpengaruh pada harga jual makanan tersebut. Jika digunakan bahan yang bagus, segar dan tidak busuk tentu saja nasi goreng yang dihasilkan lezat dan bagus. Jika harga bahan yang digunakan dibeli dengan harga yang tinggi maka nasi goreng yang dijual juga dengan harga yang lumayan mahal.

Ini menjadi tantangan tersendiri kepada penjual dalam memilih bahan segar, baik dan tidak busuk namun harganya terjangkau. Pasalnya jika harga nasi goreng yang dijual lebih mahal daripada nasi goreng yang dijual di tempat lain maka peluang lakunya makanan tersebut bisa menurun. Karena umumnya konsumen memilih harga yang lebih murah. 

  • Keuntungan 

Menjual nasi goreng tentu saja mendapatkan keuntungan terutama bagi pelaku bisnis yaitu tidak membutuhkan modal yang besar. Keuntungan yang bisa didapatkan  konsumen yaitu dari rasa makanan yang lezat dan harga yang terjangkau. Apalagi jika nasi goreng dijual di tempat yang ramai orang tentu saja mendapatkan keuntungan yang banyak. Melihat keuntungan peluang usaha kuliner nasi goreng yang cukup menjanjikan sehingga banyak orang yang menggeluti bisnis jualan nasi goreng. 

  • Pengetahuan seputar nasi goreng

Sebelum memulai usaha nasi goreng tentu saja dibutuhkan pengetahuan terlebih dahulu mengenai bahan dan cara yang digunakan untuk mengolah nasi hingga menghasilkan nasi goreng yang lezat. Perlu mengetahui bagaimana cara memasak nasi goreng yang benar, bagaimana cara menjualnya. Serta berbagai hal lainya yang berkaitan dengan nasi goreng agar usaha yang dijalankan terus berkembang dan tidak berhenti di tengah jalan.

  • Varian jenis makanan

Agar menarik banyak konsumen, selain menjual nasi goreng juga bisa dikombinasikan dengan jual makanan yang lain. Misalnya menjual mie, capcay, atau menjual ayam gorengnya saja dan lain sebagainya. Ini dilakukan agar omset yang didapatkan bukan dari nasi goreng saja.

  • Prospek penjualan

Prospek penjualan juga menjadi bahan analisa peluang usaha makanan nasi goreng. Bisnis apa pun yang dijalankan tentu akan didapatkan kompetisi dengan pelaku bisnis lainnya. Begitu juga dengan bisnis nasi goreng yang dijual. Hampir di setiap daerah ada yang menjual nasi goreng baik menggunakan gerobak atau dijual di warung makan. Bahkan di satu area itu ada beberapa penjual yang menjual nasi goreng. Sehingga agar mampu bersaing sebaiknya dibuat nasi goreng yang memiliki ciri khas atau ada perbedaan dengan nasi goreng yang dijual pada umumnya.

Selain itu juga menciptakan beberapa variasi dari nasi goreng tersebut, misalnya nasi goreng Jawa, nasi goreng ayam, nasi goreng telur, nasi goreng spesial dan lain sebagainya. Hal ini bisa menarik banyak konsumen karena konsumen bisa memilih menu yang disukainya. 

  • Segi harga jual

Agar mampu bersaing dengan pelaku bisnis yang lainnya tentu saja nasi goreng dijual dengan harga yang terjangkau. Meskipun begitu, tetap perlu untuk memperhatikan harga bahan yang digunakan dan harga produksinya, nantinya disesuaikan dengan harga jualnya. Sehingga nasi goreng tersebut laku karena harga terjangkau dimana penjualnya juga masih mendapatkan keuntungan.

Jangan karena terlalu ingin menjual dengan harga murah dan akhirnya tidak balik modal, usaha pun gulung tikar. Pelaku bisnis harus memikirkan hal ini dan mampu menyeimbangkannya agar konsumen banyak, omset banyak serta usaha yang dijalankan terus berkembang.

Cara Dapat Keuntungan Mudah Lewat Bisnis Kuliner

Memang dibutuhkan strategi yang tepat dalam menjalankan usaha nasi goreng agar bisa memperoleh banyak keuntungan, tidak hanya sekedar balik modal. Namun jika Anda tidak tahu cara menjalankan bisnis nasi goreng, tapi tetap ingin dapat keuntungan dalam bidang usaha ini maka bisa jadi penanam modal saja alias investor.

Langkahnya mudah, cukup bergabung bersama Foodin.ID agar bisa jadi investor usaha kuliner dan dapatkan keuntungan dalam bentuk bagi hasil yang adil serta transparan. Di sini ada bermacam-macam usaha kuliner yang siap dikembangkan tapi butuh bantuan dana termasuk peluang usaha makanan nasi goreng.

No Responses

  1. Anonim

Reply