Peluang Usaha Makanan Gudeg

Peluang Usaha Makanan GudegGudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang juga bisa dijadikan bisnis usaha kuliner. Pengunjung akan menemukan restoran, gerobak hingga angkringan yang menjual gudeg di pinggir jalan. Gudeg memiliki rasa yang manis sehingga sangat bagus bagi konsumen yang menyukai makanan manis. 

Tips Memulai Peluang Usaha Makanan Gudeg

Meskipun untuk memulai usaha gudeg ini tidak diperlukan modal besar namun perlu dilakukan persiapan beberapa hal berikut:

  • Dapatkan berbagai informasi

Sebelum memulai bisnis gudeg, pelaku harus mengetahui beberapa informasi mengenai gudeg. Mulai dari resep dan cara membuatnya hingga menghasilkan gudeg yang lezat, berapa modal yang dibutuhkan, harga gudeg yang dijual di pasar dan bagaimana prospek dan peluang usaha gudeg untuk dijalankan.

Setelah diperoleh semua informasi, maka diterapkan untuk mendapatkan keuntungan yang bagus. Sehingga memperoleh hasil bersih selain dari modal yang dipakai. Selain untuk mengetahui keuntungan yang dapat diperoleh, informasi tersebut dapat digunakan untuk memperoleh kemudahan dalam mengelola bisnis gudeg dan dapat memberikan peluang usaha makanan gudeg murah.

  • Perlengkapan

Untuk memulai bisnis gudeg, apalagi jika dijual menggunakan gerobak tentu saja membutuhkan beberapa peralatan agar memudahkan dalam proses pelayanan pada konsumen. Diantaranya diperlukan gerobak, peralatan makan seperti piring, sendok, peralatan masak, kompor gas, wajan, kursi dan meja untuk tempat duduk pengunjung serta dibutuhkan juga kemasan kardus. Perlengkapan sangat menentukan jalannya usaha makanan gudeg ini.

Peluang Usaha Makanan Gudeg

  • Target konsumen

Ini perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis gudeg, siapa yang akan ditargetkan untuk menjadi konsumen makanan yang dijual. Karena makanan khas dari Indonesia ini rasanya manis tentu saja konsumennya yang menyukai rasa manis. Selain itu, targetnya masyarakat kalangan bawah dan menengah, ini karena gudeg bisa didapatkan konsumen dengan harga yang terjangkau. Bahkan gudeg yang dijual menggunakan gerobak lebih murah dibandingkan gudeg yang dijual di restoran atau rumah makan lainnya. Selain wisatawan local, wisatawan luar juga menyukai gudeg sehingga sangat bagus untuk menjalankan bisnis ini. 

  • Survei lokasi

Survei lokasi bertujuan untuk mengetahui dan menentukan dimana nantinya gudeg akan dijual baik di pinggir jalan, dekat kampus, perkantoran atau di tempat umum lainnya sebagai peluang usaha kuliner gudeg. Umumnya menjual gudeg menggunakan gerobak tidak perlu lokasi yang khusus atau permanen karena  gerobaknya bisa dibawa kemana-mana. Sehingga lebih praktis. Namun sangat baik bila gerobak diberhentikan di tempat yang ramai orang lewat selain untuk menarik konsumen, gudeg yang dijual secara perlahan akan dikenal orang banyak, membuat lebih banyak laku.

  • Kualitas rasa dan penyajian makanan

Sebagian konsumen sangat memperhatikan kualitas makanan saat akan membelinya. Semakin bagus kualitas gudeg yang dibuat, semakin banyak pelanggan yang akan tertarik. Sehingga selalu perhatikan kualitas rasa, cara penyajian, bahan yang digunakan agar konsumen tidak menurun. Rasa yang berkualitas dapat membawakan banyak pelanggan setia. Perhatikan juga sikap kepada konsumen, selalu ramah dan sebagainya agar konsumen tidak kecewa, konsumen puas akan pelayanan yang diberikan dan akan datang lagi untuk membelinya. 

  • Teknik pemasaran

Cara promosi yang paling bagus ialah dengan promosi melalui mulut ke mulut. Misalnya jika konsumen pertama membeli gudeg dan konsumen suka baik dari segi rasa, penampilan ataupun bahan isinya. Nantinya konsumen ini akan memberitahukan kepada temannya, begitu seterusnya sehingga semakin banyak orang ingin mencicipi gudeg yang dijual. Sehingga peluang usaha makanan gudeg Jogja lebih besar.

Supaya mampu bersaing dengan penjual yang lain maka perlu menghasilkan gudeg yang rasanya benar-benar lezat, bahkan akan lebih baik jika gudeg yang dijual ada ciri khasnya baik dari bahan isi, tampilan ataupun hal lainnya. Cara lain untuk promosi ialah dengan memberi nama brand dari gudeg yang dijual. Nama identitas ini bisa ditempelkan di gerobak sehingga konsumen tidak pusing saat mencarinya. Akan lebih bagus lagi jika menerima pesanan gudeg untuk acara-acara besar atau pun buat layanan pesan antar agar jumlah konsumen selalu terjaga. 

  • Kunci keberhasilan

Berhasil atau tidaknya jualan gudeg bisa tergantung pada kualitas gudeg yang dijual, pada tingkat kering atau tidaknya gudegnya, kualitas rasa sambal goreng, rasa opor serta bumbu yang disajikan. Konsumen dapat merasakan kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Sehingga gudeg yang dibuat terasa istimewa di mata konsumen. Jika berhasil membuat konsumen menyukai gudeg yang dijual bahkan konsumen ketagihan tentu saja bisnis usaha gudeg akan terus berkembang. Ada satu kunci lagi yang penting dalam penjualan gudeg ini, yaitu kebersihan. Kebersihan dapat memberikan kenyamanan kepada  konsumen.

  • Keuntungan

Bisnis gudeg yang dijalankan memberikan keuntungan kepada penjualnya dalam hal modal yang kecil dan peralatan yang tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak. Tidak membutuhkan lokasi besar dan permanen karena menjual menggunakan gerobak bisa dibawa ke tempat mana saja yang diinginkan. Sehingga mudah mendapatkan lokasi strategis.

Bisnis gudeg merupakan bisnis jangka panjang dimana jika gudeg yang dijual terus berkembang dan sukses nantinya bisa dikembangkan lagi dan dibangun cabang-cabangnya. Selain itu, penjual juga akan mendapatkan keuntungan lebih jika menjual gudeg dalam keadaan kering dimana bisa dimanfaatkan konsumen sebagai oleh-oleh karena gudeg kering ini bisa bertahan dalam waktu tiga hari. 

  • Risiko dan hambatan

Tentu saja bisnis kuliner gudeg memiliki hambatan ataupun risiko yang ditanggung penjual. Setiap usaha pasti ada risikonya tersendiri. Seperti jika gudeg yang dijual tidak habis terjual. Sehingga sangat perlu untuk menjualnya di lokasi yang strategis untuk mengetahui peluang usaha makanan gudeg dan analisa usahanya, yang ramai orang agar banyak orang tertarik untuk membeli gudeg tersebut. Seperti tempat sekolah yang ramai konsumennya anak-anak.

Risiko lain misalnya jika harga bahan yang digunakan naik di pasaran seperti harga telur ataupun harga ayam. Ini tentu akan mempengaruhi dalam harga jual gudeg nantinya. Penjual kembali menghitung dan menentukan harga produksi dan harga jual agar konsumen mau membeli gudeg yang dijual. Selain itu, penjual juga perlu memperhatikan jumlah porsi gudeg yang dihasilkan per harinya, seimbangkan dengan banyaknya konsumen yang mau beli agar semua gudeg yang dibuat bisa terjual habis.

Cara Menanam Modal di Usaha Kuliner Yang Menguntungkan

Cara menanam modal yang terbaik adalah dengan bergabung bersama Foodin.ID, alasannya karena:

  • Para pengusaha kuliner yang bergabung terpercaya dan telah diseleksi secara ketat.
  • Sistem bagi hasil keuntungan yang jelas dan transparan.
  • Bisa exit kapan saja sehingga tidak menjadi beban bagi para investor.
  • Syarat bergabung yang mudah dan tidak merepotkan.
  • Berbagai macam peluang usaha kuliner tersedia di sini.

Jika ingin tahu info tentang peluang usaha makanan gudeg maupun jenis usaha kuliner lainnya maka bisa langsung saja gabung di link yang telah diberikan.

No Responses

  1. Anonim

Reply