Peluang Usaha Makanan Gerobak

Peluang Usaha Makanan GerobakBisnis kuliner menggunakan gerobak yang bisa dijalankan dengan modal yang kecil. Terbukti dengan semakin banyaknya pebisnis yang menekuni bisnis ini mulai dari banyaknya penjual di pinggir jalan ataupun berbagai rumah makan.

Analisa Peluang Usaha Makanan Gerobak

Sebelum memulai bisnis kuliner menggunakan gerobak, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Target konsumen

Konsumen yang ditargetkan saat menjual makanan menggunakan gerobak ialah seluruh masyarakat mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa dan dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Ini juga perlu disesuaikan dengan harga makanan yang dijual dan biasanya peluang usaha kuliner gerobak ditargetkan untuk semua kalangan konsumen. 

  • Pilihlah jenis makanan 

Ada banyak jenis makanan yang bisa dijual menggunakan gerobak mulai dari ragam olahan bakso, olahan aci, olahan nasi, olahan buah, gorengan dan lain sebagainya. Makanan yang dipilih tentunya yang dirasa paling laris di daerah tersebut. 

Peluang Usaha Makanan Gerobak

  • Memiliki pengetahuan

Pengetahuan dalam hal ini berhubungan dengan jenis makanan yang dipilih. Jika memilih bakso, maka perlu adanya pengetahuan tentang cara membuat bakso, bahan yang digunakan dan segala macam pelengkapnya. Begitu juga jika dipilih jenis makanan yang lain. Ketahui lokasi yang bagus dengan menggunakan survei. Ketahui alat ataupun peralatan apa saja yang digunakan sehingga bisa disediakan semuanya sebelum memulai bisnis. 

  • Siapkan modal

Meskipun usaha makanan menggunakan gerobak tidak memerlukan banyak modal namun tetap saja modal perlu disiapkan meskipun dalam jumlah sedikit. Nantinya modal ini akan diperlukan untuk memulai bisnis, misalnya membeli peralatan gerobak, alat masak seperti wajan ataupun panci, peralatan makan seperti piring, sendok, baskom kompor gas ataupun bahan makanan yang diperlukan.  

  • Survei lokasi

Ini penting dilakukan dalam menentukan  lokasi yang cocok untuk peluang usaha makanan gerobak terlaris. Tentukan lokasinya misalnya di pinggir jalan, dekat perkantoran, kampus ataupun sekolah. Lokasi ini bisa disesuaikan dengan target konsumen dan jenis makanan yang dijual. Jika target konsumennya anak-anak maka lokasi jualannya di dekat sekolah. Jika target konsumennya mahasiswa ataupun pekerja kantoran maka tempat jualnya di dekat bangunan kampus ataupun kantor. Jika target konsumennya orang banyak maka bisa jualan di pinggir jalan. Selain itu juga bisa dijual di area pasar karena di area tersebut sangat ramai pengunjungnya sehingga bisa tertarik untuk mencicipi makanan yang dijual. 

  • Kualitas rasa

Saat menyiapkan makanan penting untuk memperhatikan rasanya agar bisa menarik konsumen. Konsumen menyukai makanan yang lezat, agar lebih mampu bersaing dengan pebisnis yang lain makanan yang dijual bisa dibuat dengan beberapa varian rasa. Bahan yang digunakan juga bisa mempengaruhi kualitas makanan yang dihasilkan. Sehingga selalu gunakan  bahan yang segar dan tidak busuk. Akan lebih baik lagi, jika bahan baku yang akan digunakan dibeli setiap hari dan dihabiskan dalam hari itu juga sehingga tidak ada makanan yang tersimpan. 

  • Keuntungan

Menjual makanan menggunakan gerobak memberikan keuntungan kepada penjual dan konsumen. Misalnya makanan dijual dengan harga yang terjangkau selain konsumen suka penjual pun dapat keuntungan banyak konsumen. Gerobak tersebut bisa dipindah-pindah ke tempat yang peluang larisnya makanan lebih besar. Karena menggunakan modal yang kecil sehingga untuk mendapatkan modal kembali bisa dalam waktu yang singkat. Bukan hanya dijadikan untuk usaha sementara tetapi bisa dijadikan usaha jangka panjang bahkan bisa dibuka cabang di beberapa daerah, jika bisnis yang dijalankan sukses. Tidak perlu banyak pekerja sehingga lebih menghemat pengeluaran. Juga tidak perlu lokasi khusus misalnya warung makan yang juga bisa menghemat pengeluaran. 

  • Kendala

Ternyata menjual makanan menggunakan peluang usaha makanan gerobak modal kecil juga memiliki kendalanya. Terkadang penjual gerobak dilarang berjualan saat hansip sudah turun lapangan. Untuk mengantisipasi masalah ini, maka pilihlah lokasi yang memang diizinkan untuk berjualan. Selain tidak repot-repot memindahkan, penjual pun tidak dilanda rasa khawatir. 

  • Teknik pemasaran

Ini juga perlu diperhatikan, jika menjual menggunakan gerobak maka konsumen bisa datang sendiri untuk membeli makanannya. Umumnya konsumen akan mempromosikannya dari mulut ke mulut sehingga lama kelamaan konsumennya pun bertambah banyak. Ini bisa terjadi dalam waktu singkat jika rasa dan kualitas makanan yang dijual benar-benar disukai konsumen. Saat konsumen yang pertama merasa puas tentunya akan diberitakan ke orang lain sehingga orang lain pun penasaran. 

Selain itu, juga bisa mempromosikan melalui media sosial, perlu membuat nama sebagai identitas usaha agar konsumen lebih mudah menemukannya. Ciptakan nama yang menarik dan hiasi gerobak yang bagus karena ini juga menjadi daya tarik konsumen. Sikap penjual juga perlu diperhatikan, usahakan ramah dan fast respons saat konsumen berjalan ke lokasi gerobak. 

Contoh-contoh Jenis  Peluang Usaha Makanan Gerobak

  • Usaha mie ayam

Mie ayam bisa dijual dengan menggunakan gerobak baik di pinggir jalan, dekat perkantoran atau dekat kampus, nanti akan datang konsumen yang sedang lapar. Umumnya mie ini juga dijadikan sebagai pengganti nasi yang di dalamnya ada pangsit, ayam serta saus. Selain enak dimakan di siang hari, mie ayam juga cukup disukai saat musim hujan tiba sehingga sangat bagus untuk menjalankan bisnis ini.

Selain bisa dijual dengan harga yang terjangkau, usaha ini juga tidak memerlukan modal besar. Yang diperlukan misalnya ayam, mie, peralatan makan dan peralatan masak dan lain sebagainya.

  • Bakso

Bakso yang dijual dengan gerobak sangat mudah ditemukan di pinggir jalan. Umumnya sangat ramai pengunjung  apalagi dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun begitu, usaha dengan modal kecil ini bisa membawa keuntungan yang banyak bagi penjualnya. Ini bisa dijadikan peluang usaha makann gerobak untuk pemula.

  • Bubur ayam

Ini juga bisa dijual dipinggir jalan menggunakan gerobak, selain bisa dijadikan sarapan juga bisa dijadikan untuk makan siang. Tentunya disukai pengunjung apalagi dijual dengan harga terjangkau. 

  • Gorengan

Ini juga sangat mudah ditemukan di pinggir jalan, selain bisa ditemukan dengan harga yang sangat terjangkau usaha ini juga tidak perlu modal besar untuk memulainya. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan untuk membuat pisang goreng, bakwan jagung, tela goreng dan masih banyak lagi.

Butuh Modal Untuk Pengembangan Usaha Kuliner Anda?

Mengembangkan usaha kuliner memang selalu membutuhkan modal, entah besar atau kecil. Jika Anda tertarik membuka usaha dan mengembangkan bisnis kuliner namun tidak ada modal, maka dapat bergabung bersama kami karena platform FOODIN.ID ini bertujuan mempertemukan pengusaha kuliner dengan para investor.

Para investor pun bisa bekerja sama dengan pengusaha kuliner di seluruh Indonesia dengan cara menanamkan modalnya. Dari sana Anda bisa mendapatkan sistem bagi hasil keuntungan yang jelas, terpercaya dan transparan. Tidak perlu ragu untuk menanamkan modal Anda dalam peluang usaha makanan gerobak atau jenis usaha kuliner lainnya sebab kami telah menyeleksi ketat semua pebisnis kuliner yang terdaftar dalam platform ini.

No Responses

  1. Anonim

Reply