10 Persiapan Mengambil Peluang Usaha Makanan Crepes

Peluang Usaha Makanan CrepesCrepes ialah kue yang bentuknya bulat tipis dan ada isiannya es krim atau buah. Kelezatan yang didapat saat memakan makanan ini renyah namun manis. Di atasnya digunakan topping seperti gula halus, potongan buah atau jus lemon.

Makanan ini bisa dijumpai konsumen saat berkunjung ke mall ataupun minimarket. Melihat masih sedikitnya orang yang mengembangkan bisnis ini, sehingga pebisnis pemula bisa lanjut untuk mengembangkan bisnis ini. Memang terlihat mudah, namun bisnis juga tidak bisa dilakukan asal-asalan. Apa pun yang dilakukan asal-asalan akan berdampak pada hasil akhir yang diperoleh.

Peluang Usaha Makanan Crepes

10 Persiapan Mengambil Peluang Usaha Makanan Crepes

Selain itu makanan ini bisa dinikmati oleh siapa pun sehingga peminatnya pun banyak. Bagi yang masih bingung dengan makanan ini ataupun ingin mencoba memulai bisnis makanan crepes tapi bingung, berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal berikut juga merupakan cara untuk mendapatkan keuntungan melalui bisnis crepes yang dijalankan:

  • Survei 

Lakukan survei penting dalam suatu bisnis, survei yang dilakukan bisa bermacam-macam. Selain itu baca dan pahami kembali resep makanan crepes yang sudah ada baik yang ada di buku ataupun di internet. Kemudian survei lokasi, dimana nantinya akan dijual makanan crepes ini. Jika ingin menjual di sekitar swalayan, maka bisa melakukan survei mulai pukul 12.00 hingga jam 14.00. Karena waku ini umumnya dipakai oleh keluarga untuk berbelanja, sehingga dengan ramainya orang yang ada bisa meningkatkan laris manisnya crepes yang dijual.

  • Kualitas rasa dan tampilan

Estetika dari crepes juga mempengaruhi peluang usaha makanan crepes yang menguntungkan, begitu juga dengan rasa crepes yang diproduksi. Untuk mengetahui hal ini bisa dilakukan survei terlebih yang akan membantu menghasilkan crepes yang disukai masyarakat daerah tersebut. Setelah itu barulah dibuat dengan rating rasa disukai yang paling tinggi dan penampilan yang cantik, bagus dan rapi. Sebaiknya hindari menyajikan crepes yang berantakan, karena konsumen yang awalnya ingin beli, saat melihat tampilan crepes yang berantakan maka dia akan berubah pikiran untuk membeli jajanan yang lain. 

  • Modal

Sebelum berbisnis tentunya setiap orang sudah punya modal untuk bisnis yng akan dijalankan. Baik modal tinggi ataupun modal yang rendah. Setelah siapkan modalnya, tentukan barang yang diperlukan untuk proses pengolahan makanan crepes dan hal penting lainnya. Coba bandingkan apakah modal yang dimiliki cukup atau tidak. Jika cukup, lanjutkan.

Setelah menghitung semuanya dan didapatkan angka mutlak modal yang harus disediakan, maka tambahkan sedikit modalnya karena tidak ada yang tahu ke depannya modal ini masih kurang atau lebih. Melebihkan modal juga tidak membuat penjualnya rugi selama usaha tersebut dikelola dengan manajemen yang bagus.

Jika tanpa manajemen, meskipun awalnya bisnis kuliner yang dijalankan cukup sukses, namun suatu waktu akan bangkrut juga. Maka manajemen sangat diperlukan baik dalam pengelolaan modal, peralatan, bahan baku produksi bahkan hingga pengaturan karyawan jika sudah dijalankan bisnis besar. Karena makanan crepes ini bisa dijual dengan menggunakan gerobak, setidaknya modal yang diperlukan tidak terlalu banyak. 

  • Target pasar

Target pasar juga penting ditentukan untuk peluang usaha kuliner makanan crepes baik modal kecil ataupun modal besar. Apakah makanan ini dijual untuk remaja saja, orang dewasa saja atau semua kalangan baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Jika begitu, maka makanan crepes ditawarkan dengan harga yang bisa dijangkau oleh semua kalangan. 

  • Proses pemasaran

Makanan crepes bisa dijual menggunakan gerobak, maka dihias gerobak agar menarik perhatian pengunjung. Selain itu, bisa memberikan bonus bagi yang membelinya lebih dari satu. Misalnya harga makanan crepes ditawarkan Rp 4000 K, maka yang beli 3 bisa dikasih harga Rp 11.000.  Begitulah seterusnya.

Jika ingin memasarkan lewat media sosial atau situs web sendiri, maka didesain dengan bagus dan menarik. Tampilan crepes juga dipercantik supaya orang tertarik untuk mencoba mencicipinya. Apalagi bagi yang belum pernah merasakan makanan crepes ini, penampilan luar sangat menentukan konsumen ingin membeli atau tidak. 

  • Kreatif dan inovatif

Ini juga diperlukan untuk peluang usaha makanan crepes modal kecil dimana masyarakat Indonesia sangat mengetahui hal-hal yang unik. Crepes ini bisa dibentuk atau dihias menyerupai karakter tertentu yang belum ada di jual di tempat lain di daerah tersebut. 

Untuk rasa dan bahan isinya juga digunakan berbagai macam varian sehingga konsumen pun tertarik untuk mencoba varian-varian tersebut. Olah terus kreativitas yang dimiliki dan cobalah untuk menghasilkan kreasi crepes jenis baru dengan varian rasa baru yang harus lezat tentunya. 

  • Berikan pelayanan yang bagus

Ini menjadi kunci sukses berbisnis yaitu memberikan pelayanan yang bagus kepada para pembeli atau konsumen. Gunakan kertas yang bagus untuk pembungkus makanan crepes. Juga bisa menyediakan beberapa kursi bagi konsumen yang ingin makan di tempat makanan crepes yang dibeli. 

  • Pemilihan lokasi

Pemilihan lokasi menjadi poin penting dari analisa peluang usaha makanan crepes. Lokasi yang dipilih umumnya juga bisa berpengaruh dalam berhasil atau tidaknya suatu bisnis yang dijalankan. Dalam hal ini, crepes yang dijual bisa laris manis atau tidaknya juga dipengaruhi oleh lokasi jualan crepes. Jika menggunakan gerobak, maka bisa didorong dari yang ramai orang, baik di pinggir jalan atau di dekat sekolah dan kampus sehingga peluang mendapatkan konsumen lebih besar. 

Namun jika dibangun tempat atau warung makan untuk menjual crepe ini, mungkin perlu tambahan modal lagi. Selain di lokasi tersebut, crepes juga bisa dipasarkan lewat media social online agar konsumen bertambah banyak dan crepes yang dijual pun semakin dikenal orang. 

  • Kelebihan menjual makanan crepes

Setiap bisnis tentu memiliki kekurangan ataupun kelebihan. Kelebihan yang dimiliki bisnis makanan crepes yaitu bisa dijual dengan harga mahal. Ini disebabkan bahan yang digunakan untuk isian makanan crepes. Namun jika diturunkan sedikit harganya agar semua kalangan konsumen bisa menikmati makanan crepes yang dijual tentu menjadi prioritas. Jangan lupa mengenai kualitas rasanya. Agar tidak rugi, maka bahan isinya digunakan menggunakan buah yang lebih murah misalnya menggunakan pisang atau buah lain yang harganya tidak terlalu tinggi. Selain itu, hasilkan makanan crepes dengan ukuran lebih kecil dari biasanya. 

  • Kekurangan menjual makanan crepes

Karena umumnya dijual dengan harga mahal, banyak konsumen yang tidak terlalu tertarik untuk beli makanan crepes ini. Untuk mengatasi masalah ini, caranya bisa dengan menambah daftar harga setiap varian makanan crepes yang dijual lengkap dengn harganya. Jadi saat konsumen ingin membeli bisa memilihnya sesuai selera dan sesuai uang yang dimiliki. 

Sekian artikel poin penting yang perlu diperhatikan untuk peluang usaha makanan crepes yang menguntungkan. Semoga bermanfaat.

No Responses

  1. Anonim

Reply