Peluang Usaha Kuliner Tradisional

Peluang Usaha Kuliner TradisionalSebagian besar kuliner di Indonesia yang dijadikan usaha adalah kuliner tradisional, selebihnya baru makanan yang berasal dari makanan luar ataupun inovasi kombinasi berbagai makanan.

Kuliner tradisional mempunyai tempat tersendiri dihati masyarakat sebagai pecinta kuliner. Karena makanan-makanan daerah tersebut kadang lebih memiliki cita rasa tinggi dibanding makanan jaman now yang lebih mementingkan kepraktisan.

Peluang Usaha Kuliner Tradisional

Untuk makanan-makanan seperti ini memang sudah mempunyai genrenya sendiri, walaupun banyak  juga anak-anak  jaman now yang juga menyukai kuliner seperti ini.  Kuliner tradisional memang mencirikan kekhasan daerahnya, sudah banyak masyarakat yang mengenal beberapa dari jenis makanan-makanan tradisional yang pernah beredar bahkan menjadi favorit. Tetapi tidak sedikit juga makanan yang  belum pernah eksis di pasaran, sehingga hanya masyarakat di daerahnya saja yang tahu jenis makanan tersebut.

Beberapa makanan yang sudah dikenal dan sangat digemari perlu kita perhitungkan juga sebagai ide peluang usaha kuliner tradisional. Tapi makanan yang masih baru pun bisa kita pertimbangkan juga dan jangan dianggap remeh bisa dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Berikut urutannya:

Peluang Usaha Kuliner Tradisional

  • Gethuk

Ini adalah makanan tradisional  jajanan pasar yang sangat sederhana yang banyak terdapat di daerah Jawa tengah hingga Jawa Timur. Terbuat dari singkong kukus dicampur kelapa giling halus. Gethuk dimakan bersama parutan kelapa dan gula putih, selain rasanya pun juga sudah manis. Rasanya un benar-benar legit dan sederhana, kudapan tradisional tapi sangat menggugah selera.

  • Empek-empek

Empek-empek atau yang biasa dikenal dengan nama pempek ini termasuk makanan daerah yang juga sangat favorit. Sudah menjadi makanan tongkrongan pinggir jalan seperti bakso ataupun mie ayam. Makanan yang berasal dari Palembang sangat khas dan juga gurih terbuat dari daging ikan yang digiling dan dicampur tepung kanji dengan kuah yang standar yaitu saus dari cuka.  Variasinya sangat banyak, beberapa yang kita tahu seperti pempek kapal selam, lenjer, pempek kulit dan banyak lagi jenis lainnya. Walaupun jenis kuliner ini sudah banyak ditemukan di jalan, namun peluang usahanya masih terbilang besar karena sesuai dengan jumlah peminatnya yang juga banyak.

  • Seblak

Kali ini kita bertemu makanan tradisional yang benar-benar sangat kekinian. Seblak yang berasa dari Bandung, masih sangat gres menjadi kuliner yang terbaru dari kuliner daerah lainnya. Apalagi peminatnya tidak sedikit. Jadi bisa dibilang merupakan peluang usaha kuliner tradisional terlaris untuk saat iniHanya dengan sebuah rendaman kerupuk dicampur berbagai macam isian sudah bisa membuat banyak orang tergila-gila dan kecanduan akut.

  • Wedang Angsle

Kuliner ini mungkin jarang terdengar oleh orang kebanyakan sebagai makanan daerah. Namun, wedang Angsle merupakan makanan tradisional dari Malang. Wedang dikenal sebagai istilah minuman yang diseduh air panas untuk menghangatkan tubuh, lebih tepatnya berbentuk seperti kolak yang dibuat dari kombinasi kuah santan dan berbagai jenis bahan manis. Tai wedang yang satu ini tidak menggunakan jahe seperti wedang ronde.

  • Nasi Rawon

Rawon merupakan masakan Indonesia seperti kuah sup hitam sebagai campuran dari bumbu yang menggunakan kluwek. Adalah kuliner yang sangat dikenal dari Surabaya. Bertambah nikmat karena ada irisan daging sapi yang begitu empuk.  Dengan kuah kentalnya yang gurih, aroma khas rempah-rempah yang sangat terasa di lidah dan lebih mantap lagi dimakan dengan nasi. Selain di daerahnya, nasi rawon sudah sangat tenar sebagai kuliner pinggir jalan yang maknyus.

  • Gudeg

Makanan khas Jogja ini memang sudah sangat terkenal sekali sebagai makanan tradisional. Terbuat dari nangka muda yang dimasak bersama santan.  Memasaknya pun tidak bisa sebentar, dan layak dijadikan peluang usaha kuliner tradisional Indonesia. Menurut sejarahnya, gudeg sudah hadir saat pembangunan kerajaan Mataram. Nangka muda yang diolah dengan cara direbus sampai empuk diberi tambahan bumbu sederhana.

  • Rendang Telor

Asosiasi kita mendengar kata rendang adalah sebuah makanan lauk yang dibuat dari daging sapi ataupun ayam dengan bumbu dan kuah yang khas. Namun kali ini yang disebut adalah telur, apakah sama atau berbeda? Ternyata memang agak sama tapi ada yang membedakan, dan bukan berarti kali ini  dibuat dari telur ayam sehingga bentuknya seperti telur yang direbus atau digoreng.

Banyak persepsi yang salah, bahwa sebenarnya makanan ini sudah menjadi camilan berbentuk keripik kering. Rendang telor adalah makanan asal suku Padang, Sumatra Barat. Termasuk makanan yang masih baru eksis, karena sejak dulu belum diketahui keberadaannya di dunia kuliner selain di daerahnya sendiri.

  • Gurilem

Makanan ini adalah sejenis kerupuk yang berasal dari kota kembang Bandung. Bagi masyarakat Bandung mungkin sudah tahu, tapi di luar itu mungkin banyak yang belum tahu. Gurilem merupakan camilan yang gurih dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau buah tangan. Apabila kamu ingin menjalani peluang usaha dari kuliner yang satu ini potensinya masih sangat besar, karena belum banyak yang tahu dan belum banyak saingan.

  • Bika Ambon

Dari nama makanannya banyak yang terkecoh kalau penganan ini dikatakan berasal dari daerah Ambon. Padahal, sebenarnya makanan ini berasal dari Medan.  Terbuat dari telur, gula dan santan. Sejak dulu pada umumnya bika Ambon hanya tersedia rasa pandan, tapi kini sudah banyak inovasi rasa yang tersedia. Mengapa disebut Bika Ambon, Karena memang pertama kali dijual dan menjadi populer pada saat di jalan Ambon-Sel Kera Medan.

  • Keripik Sanjaj

Kalau mendengar namanya dan melihat bentuknya, pasti semua sudah bisa mengira ini berasal dari mana. Karena bentuknya yang berwarna sangat merah, yang kita tahu makanan ini sangat pedas, dan memang berasal dari kota Bukit Tinggi, Padang Sumatra Barat. Camilan sejenis keripik dari Singkong yang diparut tipis dan digoreng lalu diberi penyedap. Untuk rasa memang yang sudah diketahui memiliki rasa pedas, tapi ada juga yang dibuat dengan rasa yang manis.

Beberapa jenis makanan tradisional sudah kamu ketahui dari info di atas, sehingga kamu pun bisa mengetahui mana saja yang berpotensi besar untuk bisnismu. Yang jelas semua makanan tersebut dapat menjadi peluang usaha kuliner tradisional untung besar. Bahkan, kamu pun bisa menyediakan semuanya sekaligus sebagai toko oleh-oleh makanan daerah atau tradisional. Selamat menikmati makanannya dan mencoba peluang usahanya.

Foodin.id, Platform Online Terpercaya Bagi Investor dan Pebisnis

Foodin.id merupakan platform online terpercaya yang mempertemukan para investor dengan para pebisnis kuliner yang butuh modal. Kelebihan platform kami, yaitu:

  • Listing pebisnis kuliner yang sudah diseleksi secara ketat
  • Informasi transparan, update dan terpercaya
  • Investor bisa tanam modal secara gampang hanya dengan beli saham kuliner
  • Sistem pembagian keuntungan yang jelas dengan bagi hasil
  • Investor bisa exit kapan saja
  • Sistem semua terintegrasi sehingga mudah dan cepat

Itulah kelebihan ikut tanam modal di Foodin.id. Bagi Anda yang tertarik beli saham kuliner untuk peluang usaha makanan termasuk jenis peluang usaha kuliner tradisional, maka hubungi kami.

Reply