Peluang Usaha Kuliner di Desa Itu Mungkin dan Ada Banyak

Peluang Usaha Kuliner di DesaPengangguran merupakan salah satu masalah yang cukup sulit untuk diatasi. Tiap tahunnya jumlah pengangguran semakin bertambah. Lapangan pekerjaan yang dibuka perusahaan dan pemerintah pun dirasa belum cukup untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Meskipun tidak seramai dan sepadat di daerah perkotaan, prospek bisnis di desa cukup baik. Apalagi jika desa menyimpan kekayaan alam yang sulit ditemukan di kota sehingga menarik banyak perhatian dari wisatawan. Jenis bisnis kuliner yang bisa dikembangkan di desa pun sangat beragam. 

Bahkan kita bisa mengeksplorasi dan membangun jenis usaha kuliner terbaru. Seperti warung kopi dan toko kue, keduanya mungkin bukan jenis usaha baru namun jumlahnya masih sangat minim. 

Macam-macam Peluang Usaha Kuliner di Desa

Hampir sama dengan kota, masyarakat pedesaan pun sudah semakin maju bahkan beberapa orang sudah mengenal teknologi dan internet. Jika berencana untuk membuka bisnis kuliner baru di desa, berikut ini rekomendasi peluang usaha yang tepat:

Peluang Usaha Kuliner di Desa

  • Kue Kering

Rekomendasi peluang usaha pertama adalah kue kering. Berbanding terbalik dengan kue basah, kue kering memiliki daya tahan lebih lama. Bisa disimpan selama berhari-hari bahkan kita bisa mendistribusikannya ke kota. Jika memungkinkan, kemas kue kering dengan bungkusan yang menarik jadi tampak lebih unik dari milik kompetitor.

Jenis kue kering yang berkembang di Indonesia pun sangat beragam. Bahkan di musim-musim tertentu seperti hari raya, permintaan kue kering sangat besar. Tentunya, hal ini membantu meningkatkan pendapatan mengingat bahan baku kue kering yang dijual di desa pun jauh lebih terjangkau.

  • Sayur Siap Masak

Ada dua cara unik untuk meningkatkan pendapatan saat mencoba peluang usaha kuliner yang menjanjikan ini. Yang pertama dengan membuka warung di rumah dan yang kedua dengan berkeliling menawarkan dari rumah ke rumah. 

Mungkin terkesan sulit, namun prospek bisnis ini di masa depan cukup baik. Apalagi jika jenis sayur yang disediakan selalu berbeda setiap harinya. Agar bisnis bisa bertahan lama, lakukan survei terlebih dahulu. Cari tahu sayuran favorit penduduk setempat sehingga bisa menyesuaikan dengan lidah mereka. 

  • Usaha Kuliner Berbasis Ketela

Untuk apa memiliki kebun ketela jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Ada banyak sekali jenis makanan lezat yang bisa dibuat dari ketela, bahkan beberapa pabrik di kota menggunakan ketela sebagai bahan baku membuat keripik.

Selain memproduksi keripik, kita masih bisa membuat kue kering dan kue basah dari ketela. Sehingga hasil kebun ketela bisa dimaksimalkan dengan baik bahkan menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi tiap bulannya. 

  • Gorengan

Jika keahlian memasak yang dimiliki tidak terlalu banyak, maka bisnis kuliner yang paling cocok digeluti adalah menjual gorengan. Mulai dari gorengan asin, manis hingga pedas semuanya bisa dibuat. Setelah itu, gorengan di pasarkan di rumah, sekolah atau bahkan di pasar. 

Menjual gorengan mungkin terkesan sepele, namun ada trik khusus yang wajib dipelajari sehingga hasil gorengan tampak lezat dan crispy. Selain itu, modal untuk membuka peluang usaha kuliner yang bagus ini pun sangat murah.

  • Bisnis Aneka Kerupuk

Hampir semua orang suka dengan kerupuk, entah itu kerupuk tahu, jengkol atau bahkan kerupuk kulit. Mengapa demikian? karena kerupuk harganya sangat terjangkau dan rasanya pun sangat lezat. Bisa menjadi makanan pengganjal perut atau dinikmati bersama mie instan dan nasi putih hangat.

Agar para warga desa tertarik mengunjungi toko, silahkan hias toko dengan unik. Jangan lupa pula untuk menggunakan stoples kaca yang unik, buat yang ukurannya besar dan kecil. Sehingga bila ada warga desa yang tertarik untuk membeli dengan stoplesnya, kita bisa merekomendasikan kemasan yang kecil. 

  • Kue Basah

Daripada menikmati roti dengan olesan selai, beberapa warga desa lebih suka sarapan di pagi hari dengan kue basah. Jajanan pasar ini memang sangat populer dan umumnya hanya bisa ditemukan di pasar di pagi hari.

Berbeda dengan kue kering, kue basah lebih cepat basi. Sehingga untuk meminimalisir kerugian, hendaknya buat kue basah dalam jumlah yang mencukupi tidak berlebihan. Jika perlu, buat penawaran katering kue basah yang melayani pembuatan kue basah untuk berbagai acara.

  • Jamu

Saat tubuh merasa tidak nyaman alih-alih minum obat, warga desa lebih suka mengonsumsi jamu. Jamu yang ditawarkan jenisnya pun sangat beragam, bahkan ada yang menggunakan telur ayam mentah. Buat jamu dengan racikan sendiri sehingga memiliki cita rasa yang berbeda dengan jamu kemasan pabrik. 

Bila belum memiliki modal yang besar untuk membuka warung jamu, cara termudah menawarkan jamu adalah dengan berkeliling. Manfaatkan kendaraan yang ada di rumah untuk membantu menjual jamu seperti sepeda atau sepeda motor. 

  • Warung Makan Sederhana

Menikmati semangkuk soto atau bahkan bakso di saat matahari sedang tinggi-tingginya memberikan kepuasan tersendiri. Tidak heran jika banyak orang yang lebih suka makan siang di warung bakso atau soto sederhana. 

Selain memiliki rasa yang sedap, harga yang dipatok pun sangat terjangkau apalagi masih bisa meminta tambahan nasi. Peluang usaha kuliner yang mudah ini memang sangat menjanjikan, mengingat soto dan bakso merupakan jenis kuliner khas Indonesia.

  • Warung Kopi

Jika kesulitan untuk memilih jenis usaha yang bagus untuk dibangun di desa, maka rekomendasi usaha yang paling sesuai adalah warung kopi. Membuka warung kopi bisa dimulai sejak pagi hari hingga malam hari. 

Dan selain menawarkan kopi original, kita bisa meracik kreasi rasa kopi yang unik dengan menggunakan biji kopi yang berkualitas. Untuk sajian menu di pagi hari, siang dan malam hari pun bisa dibedakan.

Contohnya untuk menu pagi hari, siapkan camilan atau makanan ringan seperti pisang bakar atau roti bakar. Sedangkan untuk siang hari, kopi bisa disajikan dengan makanan yang lebih berat. Dan untuk sajian menu di malam hari bisa dikombinasikan antara menu sarapan dengan menu makan siang. 

Dengan demikian, pelanggan yang datang bisa memilih menu yang beragam. Tapi tetap saja, perhatikan kualitas dan cita rasa dari kopi. Karena namanya warung kopi tentu minuman ini harus diracik dengan lebih istimewa.

  • Makanan Khas Daerah

Hampir semua daerah di Indonesia menawarkan makanan khas yang lezat, contohnya seperti bika Ambon yang berasal dari Medan atau dodol dari garut. Sebagai toko yang khusus menjual oleh-oleh makanan khas daerah, pastikan agar rasa makanan yang dijual terasa sempurna.

Buat makanan dari bahan baku yang berkualitas dengan resep yang terpercaya sehingga rasa akhir yang diperoleh sesuai dengan rasa orisinal yang sudah dikenal sejak lama oleh lidah kita. 

Membuka bisnis kuliner tentunya memiliki tantangan yang besar. Namun besarnya keuntungan yang diperoleh pun sangat menggiurkan. Di atas telah direkomendasikan beberapa peluang usaha kuliner di desa. Semoga bisa membantu para pengusaha muda yang berencana untuk membuka bisnis kuliner. 

No Responses

  1. Anonim

Reply